Posted in: ekonomi online

Dihantam Corona, Begini Gambaran Kondisi Ekonomi Indonesia Terkini

ekonomi sekarang

Pemerintah dan masyarakat harus bersiap terhadap apa yang terjadi bila kasus penyebaran virus ini semakin berlarut. Dampak dari penyebaran virus corona terjadi di berbagai bidang, baik di sektor riil, bursa saham. Dan yang paling dirasakan berat terhadap perekonomian secara global di Indonesia, di mana mengalami pelambatan pertumbuhan.

Tahun 2020 menjadi tahun yang kurang baik untuk perekonomian di Indonesia. Akhir tahun lalu pemerintah berharap pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 akan naik. Akan tetapi, terjadi musibah pandemi Covid-19 menyebabkan roda perekonomian menjadi tidak stabil. Menyebarnya virus ini ke berbagai wilayah mengakibatkan lumpuhnya aktivitas hingga perekonomian pun menurun drastis. Hingga saat ini pandemi Covid-19 masih terus meluas mengakibatkan terhambatnya aktivitas masyarakat. Laju pertumbuhan PRDB atau disebut juga pertumbuhan ekonomi adalah salah satu indikator yang mengatakan tentang kesehatan perekonomian sebelum dirilis dan hampir selalu akan menggerakkan para pelaku ekonomi.

Pemerintah pun menyiapkan skenario ekonomi untuk menghadapi pandemi ini yang pada April lalu terus meluas. Selain menyiapkan skenario untuk perekonomian, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan juga mengejar target pajak untuk memperbaiki keuangan negara, salah satu perusahaan yang tahun ini dituntut untuk pembayaran pajak adalah aplikasi Zoom dan Netflix. Akan tetapi, pada 01 April 2020 mata uang Rupiah pun dikabarkan terus melemah.

Sumber pertumbuhan menunjukkan besaran persentase yang disumbangkan oleh masing-masing kategori ekonomi terhadap pertumbuhan total ekonomi. Besaran angka tiap kategori dapat menambah pertumbuhan total ataupun mengurangi pertumbuhan total. Pertumbuhan dan kontribusi masing-masing kategori adalah yang menentukan besaran sumber pertumbuhannya.

Dalam jaringan percakapan, terlihat akun @jokowi menjadi akun yang paling banyak ditandai oleh warganet. Selama masa pandemi terlihat permasalahan utama yang dikeluhkan oleh masyarakat yaitu hilangnya mata pencaharian akibat aktivitas yang terhambat, serta berkurangannya pendapatan masyarakat terutama mereka yang berasal dari sektor informal. Tingginya angka PHK juga menjadi salah satu penyebab rendahnya daya beli masyarakat di masa pandemi. Meski pemerintah telah mengguyur dana bantuan sosial namun hal tersebut tidak dapat mencukupi ketahanan pangan masyarakat selama pandemi.

Pusat Penelitian Ekonomi LIPI pada akhir tahun 2019 lalu memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia sebesar 5, 04% untuk tahun 2020 ini. “Akibat wabah virus corona menyebabkan pelemahan perekonomian Tiongkok mengalami kontraksi. Kondisi tersebut kemudian di susul dengan kebijakan pemerintah Indonesia tentang upaya pembatasan ekspor-impor ke Tiongkok membuat angka tersebut akan sulit untuk dicapai, ” ujar Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho. Sejak Maret kondisi perekonomian RI telah terdampak Covid-19 yang saat itu tengah melanda dunia.

Virus corona ini memiliki dampak yang lumayan berpengaruh terhadap perekonomian baik dunia maupun Indonesia. Menteri Keuangan Republik Indonesia mengatakan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2, 3%. Bahkan jika dalam situasi terburuk, ekonomi Indonesia bisa minus hingga 0, 4%. Penyebab dari rendahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia ini adalah turunnya minat konsumsi dan investasi masyarakat, baik dalam lingkup rumah tangga maupun lingkup pemerintah. Mulai penerapan work from home, social distancing dan physical distancing, sampai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Itulah sebabnya masyarakat berharap kebijakan dari pemerintah agar dapat menjamin masyarakatnya terhindar dari kelaparan akibat kondisi ekonomi yang tidak stabil saat ini. Demikian pantauan Netray pada April-Juni 2020 terkait isu ekonomi di Indonesia. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga perekonomian Indonesia dapat berangsur membaik kembali. Pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah gambaran makro mengenai hasil dari proses pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh seluruh stake holders, baik pemerintah, dunia usaha mapun masyarakat menuju keadaan yang lebih baik. Pertumbuhan ekonomi juga merupakan suatu gambaran dari peningkatan pendapatan yang berakibat pada peningkatan kemakmuran dan taraf hidup. Untuk melihat perkembangan pertumbuhan ekonomi tersebut secara riil dari tahun ke tahun tergambar melalui penyajian PDRB atas dasar harga konstan. Sumber pertumbuhan digunakan untuk mengidentifikasi peranan masing-masing kategori terhadap perekonomian total.

ekonomi sekarang

Perkembangan positif dari langkah bersama di negara maju untuk mengatasi dampak COVID-19 ke aspek kemanusiaan, sektor keuangan, dan sektor ekonomi. Dari sisi fiskal, Senat AS dan Jerman masing-masing telah menyetujui stimulus fiskal yang diajukan oleh Pemerintah. Senat AS telah menyetujui stimulus fiskal sebesar USD 2 triliun yang dialokasikan USD 100 miliar untuk kesehatan, USD 350 miliar untuk UMKM, USD 250 miliar untuk tenaga kerja serta USD 500 miliar untuk dunia usaha dan bantuan sosial. Di Jerman stimulus fiskal disetujui sebesar 10 % dari PDB atau setara USD 860 miliar. Meskipun beberapa kebijakan pemerintah untuk perbaikan ekonomi, beberapa lembaga memprediksi perlambatan pertumbuhan ekonomi masih berlanjut diakibatkan ketidakpastian kapan berakhirnya covid-19. Economist Intelligence Unit memperkirakan perekonomian global terkontraksi hingga -2, 2 persen.